RSS

Menambang Emas Di Perbukitan Sampah

Tahukah kita bahwa sampah juga merupakan emas yang bisa kita temukan di tempat-tempat yang kurang layak bahkan mustahil.Emas digunakan sebagai kiasan untuk suatu benda berharga,namun mungkinkah kita dapat menemukan emas tersebut di gundukan-gundukan sampah yang membukit di kota-kota bersar yang ada.....


Sungguh aneh memang bila kita dapat menemukan suatu benda berharga yang bernilai seperti emas di satu tempat yang dapat dikatakan tidak mengkin untuk menemukanya bahkan disana pun tidak ada astu benda berharga pun yang dapat ditemukan..

Sulit mungkin untuk mendapatkan sebuah benda berharga di bukit-bukit sampah di TPA pada kota-koat besar sebagai supplayer sampah yang ada di negri ini,Namun tidak bila kita menambang benda tersebut dan juga dapat berfikir kreatif dalam mengolah bahan yang telah tersedia di bukit-bukit sampah tersebut..

Mendengarnya saja dapat menimbulkan satu pertanyaan kuat,Benda berharga apa yang bisa kiat dapatkan dari sana..Benda berharga yang kita dapat adalah suatu wujud benda luar biasa yang berbahan dasar dari suatu benda yang tidak biasa,pernahkah kita berfikir apakah semua benda sehari-hari yang kita gunakan semua berasal dari alam,semata-mata kita tidak dapat bergantung secara terus menerus kepada yang yang telah kita eksploitasi ini,terdapat juga loh benda yang kita pakai sehari-hari berbahan dasar sampah

Contohnya kertas,saat ini terdapat berbagai maca jenis kertas dengan kegunaan dan kualitasnya masing-masing.Namun tidak semua kertas berasal dari kulit pohin seperti apa yang kita ketahui.Sadarkah kita sebagian kertas yang kita pakai berasal dari kertas-kertas sisa yang juga pernah kita gunakan,Tidak hanya sampai disini kita dapat menemukan banyak lagi emas-emas yang dapat kita temui diperbukitan sampah tersebut,contoh kecilnya seperti:
Add caption

1. Pemanfaatan kabel listrik bekas
Sisa kabel listrik yang di pakai setelah praktek, dapat di manfaatkan untuk membuat miniature atau aksesoris.










2. Pemanfaatan limbah kayu

Di program keahlian bangunan ini membuang limbah berupa serbuk kayu, serat kayu, dan koral – koral kecil. Limbah tersebut dapat dikreatifitaskan menjadi hiasan dinding yang bernilai jual dan sesuai permintaan pasar.









3. Pemanfaatan kemasan minuman (sampah kantin)
Memang terlihat tak berharga dan terbuang. Tapi sebenarnya ini dapat menjadi barang yang berharga. Dengan kreatifitas, kemasan minuman yang terbuang ini bisa menjadi tas yang menarik dan tidak terlihat jika terbuat dari kemasan bekas.













MUDAH BUKAN ???
makanya mulai saat ini kita buka mata untuk peduli terhadap lingkungan terutama sampah dan mulai berinovasi dengan hal yang belum biasa....

AYO SEMUA HIJAUKAN HIDUPMU

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar